Reproduksi Jamur dengan Spora

Reproduksi pada jamur terjadi dengan cara aseksual atau seksual. Produksi spora yang diamati dalam kedua jenis reproduksi jamur, meskipun genetik spora berbeda. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.
Reproduksi Jamur dengan Spora
Reproduksi Jamur dengan Spora


Belajar tentang karakteristik jamur sangat menarik. Mulai dari struktur sederhana ke mode kompleks reproduksi, mereka mewakili salah satu organisme eukariotik yang paling beragam. Jamur ada di setiap jenis habitat. Untuk lebih tepatnya, mereka di mana-mana dalam distribusi. Penelitian terbaru telah menyebabkan kesimpulan bahwa jamur (fungus tunggal) lebih erat terkait dengan hewan, bukan tanaman. Oleh karena itu, mereka dikategorikan dalam kelompok yang terpisah, berbeda dari mikroba, tumbuhan dan hewan. Cabang biologi yang berhubungan dengan studi jamur disebut mikologi.

Tidak seperti tanaman, jamur tidak memiliki pigmen fotosintesis (klorofil) dan tergantung pada yang lain untuk makanan. Mereka memainkan peran utama dalam menguraikan organisme mati dan membersihkan lingkungan untuk membuat tempat berkelanjutan untuk entitas hidup lainnya. Modus reproduksi serbaguna pada jamur juga bertanggung jawab untuk terjadinya mereka yang luas. Ambil contoh reproduksi jamur dengan pembentukan spora. Spora yang ringan dan mudah menyebar dari satu tempat ke tempat lain, oleh angin, air atau agen lainnya. Dalam kondisi yang menguntungkan, spora jamur berkecambah dan berkembang menjadi jamur baru.

Reproduksi Jamur
Dapatkah Anda percaya bahwa lebih dari 100.000 jenis jamur telah diidentifikasi secara ilmiah? Contoh eksklusif jamur adalah mushroom, yang kita semua mengenal dengan baik varietas dapat dimakan dan beracun. Jenis akrab jamur adalah kapang, ragi, jamur karat, dll Jamur berkembang biak secara seksual dan aseksual. Namun demikian, modus reproduksi bervariasi dari satu filum ke yang lain. Bahkan, jamur dibedakan sehubungan dengan jenis spora dan strategi reproduksi seksual. Berikut ini adalah informasi singkat mengenai reproduksi aseksual dan seksual jamur.

Reproduksi aseksual
reproduksi aseksual Jamur yang diamati lebih sering daripada reproduksi seksual. Hampir semua jenis jamur memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara aseksual. Juga, menyumbang distribusi luas jamur. Pada suatu waktu, jutaan spora aseksual dilepaskan, dan ketika spora mendarat di lingkungan yang subur, mereka berkecambah menjadi individu baru. Berbagai jenis reproduksi aseksual pada jamur adalah pembentukan spora, fragmentasi, tunas dan fisi.

Dari pembagian ini, spora vegetatif atau konidia adalah jenis yang paling umum. Dalam pembentukan spora aseksual, hifa jamur menghasilkan spora internal maupun eksternal. Fragmentasi, seperti istilah menandai, melibatkan pecahnya miselium jamur menjadi beberapa fragmen. Setiap bagian terfragmentasi kemudian berkembang menjadi jamur baru. Dalam kasus tunas, sel induk menjorok ke tunas seperti struktur yang dikenakan anak inti. Tunas ini terdiam dan kemudian tumbuh menjadi jamur baru.

Reproduksi seksual
Jamur reproduksi dengan metode seksual sangat kompleks. Meskipun fenomena dasar untuk fusi gamet jantan dan betina tetap sama, perbedaan yang diamati antara berbagai jenis jamur. Sebagai bagian dari tahap inisiasi dalam siklus reproduksi seksual, hifa haploid yang kompatibel datang bersama-sama. Setelah itu, sel-sel jantan dan betina menggabungkan bersama-sama, sehingga pembentukan sel-sel diploid fertil yang disebut spora. Spora tersebut kemudian dilepaskan ke lingkungan.

Kecuali glomeromycetes, reproduksi seksual yang diamati dalam semua jenis jamur. Seperti yang Anda lihat, spora diproduksi di kedua jenis aseksual dan seksual reproduksi pada jamur. Namun perbedaan terletak pada susunan genetik dari spora. Sementara mereka terbentuk selama reproduksi aseksual adalah vegetatif, spora terbentuk setelah reproduksi seksual mengandung genom dari hifa jamur induk.

1 komentar:

babetteyake mengatakan...

Slotomania by Pragmatic Play | Slotomania - JT Hub
Slotomania Slotomania ✓ Pragmatic 포천 출장샵 Play Mobile 제주 출장안마 Slot Machine 광주 출장마사지 Free Play 경상남도 출장샵이천 출장샵 Best Pragmatic Play Slot Machines ✓ Best Pragmatic Play Online Slots for Free.

Posting Komentar

 
Cicurug, Sukabumi/Jawa Barat, Indonesia