Persamaan Perbedaan Antara Jamur Monera

Persamaan & Perbedaan Antara Jamur & Monera. Dalam biologi, semua organisme dibagi menjadi kategori berdasarkan kesamaan mereka. Metode ini kategorisasi disebut sistem taksonomi. Dalam sistem yang digunakan saat ini, sistem taksonomi Linnaeus, kategori luas bagi organisme adalah tingkat “kerajaan,” yang memiliki lima divisi. Dua di antaranya adalah kerajaan Jamur dan Monera, yang memiliki banyak perbedaan tetapi berbagi beberapa kesamaan.
Persamaan & Perbedaan Antara Jamur & Monera
Persamaan & Perbedaan Antara Jamur & Monera

Jamur

Kerajaan Fungi mencakup semua bentuk jamur. Ada berbagai jenis, termasuk spesies akrab seperti jamur dan kapang. Ada ratusan ribu spesies dan, meskipun sebagian besar terestrial, banyak baik juga hidup di air asin dan air tawar. Jamur adalah nonmotile, tidak memiliki metode pergerakan volunter. Mereka biasanya hidup pada substrat yang mereka gunakan untuk makanan dengan mengeluarkan enzim pencernaan dan menyerap nutrisi dari substrat. Kebanyakan memperoleh nutrisi dari bahan yang membusuk, meskipun beberapa parasit.

Monera

Anggota kerajaan Monera adalah organisme bersel tunggal, meskipun mereka dapat membentuk koloni besar di bawah kondisi yang menguntungkan. Ada berbagai kalangan besar di antara organisme ini, tetapi mereka menunjukkan beberapa sifat yang menentukan. Organisme ini tidak memiliki organel dalam sel mereka, dan sel-sel mereka tidak mengandung inti atau kromosom. Sebaliknya, mereka memiliki loop DNA. Metode reproduksi utama mereka secara aseksual, meskipun ada beberapa metode untuk mencapai variasi genetik. Mereka memperoleh nutrisi dan energi baik melalui penyerapan atau dengan fotosintesis.

Perbedaan Fungi & Monera

Bagaimanapun anggota kerajaan Jamur bisa menjadi mikroskopis, mereka multiseluler, sedangkan monera selalu uniseluler. Jamur tidak dapat membuat energi mereka sendiri, sedangkan beberapa spesies Monera adalah fotosintetik. Jamur juga tidak memiliki metode gerak, sedangkan beberapa spesies Monera memiliki kemampuan untuk bergerak sendiri. Perbedaan utama antara kedua adalah organel, divisi tertentu dalam sel. Anggota monera adalah satu-satunya organisme yang tidak memiliki organel, jamur telah mengembangkan organel dalam sel mereka.

Persamaan Jamur & Monera

Anggota kerajaan Monera dan Jamur memiliki beberapa kesamaan. Salah satu kemiripan ini adalah kenyataan bahwa keduanya memperoleh nutrisi melalui penyerapan. Keduanya juga dapat membentuk koloni, meskipun koloni monera dan koloni jamur sangat berbeda. Selain itu, lichens terdiri dari hubungan simbiosis antara jamur dan alga. Ganggang dapat berupa ganggang hijau, yang merupakan anggota dari kerajaan Protista, atau cyanobacteria atau ganggang hijau-biru, yang merupakan anggota dari kerajaan Monera. Lichens memuat kedua jenis sekaligus bisa terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cicurug, Sukabumi/Jawa Barat, Indonesia