Karakteristik Jamur

Jamur adalah Sekelompok besar dari eukariota, jamur tidak mengandung klorofil dan bergantung makanannya pada makhluk hidup lain. Kelas jamur termasuk organisme seperti jamur, ragi, mushrooms, dll. Dalam sistem klasifikasi makhluk hidup, jamur ditempatkan dalam kelompok yang terpisah dari bakteri, hewan dan tumbuhan. Jamur tidak memiliki klorofil dan karenanya, tidak dapat melakukan fotosintesis. Berbagai bentuk jamur termasuk jamur karat, jamur api, puffballs, jamur, morels, truffle, ragi, dll. Karakteristik jamur, sekitar, 70.000 spesies, telah didokumentasikan sampai saat ini. Namun, diperkirakan bahwa jumlah spesies bisa sekitar 1,5 juta.
Ciri Umum Jamur

Fakta-fakta tentang Jamur

Ciri-ciri jamur dibahas di bawah ini. Aspek yang berbeda dari siklus hidup mereka dapat dipahami melalui jamur fakta yang disebutkan di bawah.

Ciri Umum Jamur

Jamur yang sebelumnya ditempatkan di pada tumbuhan, karena kesamaan morfologi yang mereka dari berbagai tumbuhan. Setelah analisis filogenetik dilakukan dengan cara metode molekuler, bahwa dibentuk kelompok yang terpisah disebut jamur.
Jamur tidak memiliki klorofil dan karenanya, memperoleh makanan dari inang dengan bertindak sebagai parasit. Banyak jamur spesies saprophytes dan mereka memperoleh makanan dari organisme mati.
Kedua Jamur bisa dalam bentuk mikroskopis dan makroskopis. Bentuk struktural yang paling umum dari jamur mikroskopis adalah hifa. Diameter berkisar hifa 2-10 mikrometer, sedangkan panjangnya mereka dapat memperpanjang hingga beberapa sentimeter. Struktur yang terbentuk sebagai hasil dari antar-tenun hifa dikenal sebagai miselium.
Jamur makroskopik yang mudah terlihat oleh mata telanjang. Bentuk umum dari jamur ini adalah kapang dan jamur.
Feromon, bahan kimia yang diproduksi oleh jamur, bermain dan peran penting dalam reproduksi seksual. Komunikasi jantan dan betina dengan satu sama lain melalui feromon.
Pada kebanyakan jamur, bereproduksi aseksual terjadi melalui spora vegetatif dikenal sebagai konidia. Fragmentasi miselium juga merupakan bentuk reproduksi aseksual.
Jamur yang ditemukan di lingkungan nitrogen rendah pameran adaptasi seperti tombol-tombol lengket dan simpul. Adaptasi ini membantu jamur dalam menjebak hewan kecil seperti nematoda. Hewan-hewan kecil tersebut kemudian terdegradasi untuk mendapatkan makanan / nutrisi dari mereka.
Beberapa jenis jamur hidup dalam hubungan simbiosis dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya, jamur, lumut dan ganggang hijau (organisme autotrophic) hidup bersama simbiotik.
Jamur diketahui menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Kaki atlet dan kurap adalah masalah umum yang disebabkan oleh jamur pada manusia. Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur termasuk busuk batang, busuk daun, jamur api, karat, dll

Fakta Menarik Jamur

Berikut adalah beberapa fakta tentang jamur menyenangkan. Informasi ini berfokus pada fakta aneh tentang organisme ini.
Kami menyadari fakta bahwa jamur puffball digunakan dalam obat-obatan. Namun, menarik untuk diketahui bahwa organisme ini memiliki arti penting agama dalam budaya Indian Amerika Utara. Sebuah suku yang dikenal sebagai Blackfoot percaya bahwa puffballs adalah bintang jatuh dan bahwa mereka jatuh ke bumi selama acara supranatural.
Tupai merah mengumpulkan dan menyimpan jamur kering di pohon dan memakannya di musim dingin. Jumlah jamur kering seperti yang dikumpulkan oleh tupai ini sangat besar.
Ada lebih dari 60 jenis jamur yang memperlihatkan fenomena bioluminescence. Cahaya yang dipancarkan dari tubuh jamur tersebut.
Sebuah penemuan baru fosil jamur dikatakan berusia jutaan tahun. Fosil ditemukan sebelumnya berada  paling tidak 10.000 tahun yang lalu. Oleh karena jamur ini ditempatkan dalam genus terpisah yang disebut Coprinites.
Jika disediakan kondisi yang tepat, beberapa jamur dapat tetap aktif selama berabad-abad.
Penggunaan jamur dalam makanan dan obat-obatan terkenal. Namun, jamur ini juga digunakan dalam penyerapan dan pencernaan limbah industri, pestisida dan minyak.
Artikel ini memberikan beberapa fakta menarik tentang dasar dan jamur. Ini membantu kita memahami berbagai aspek tentang organisme ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cicurug, Sukabumi/Jawa Barat, Indonesia